Minggu, 26 Mei 2013

ISTRI JUGA BERKEWAJIBAN MENDUKUNG TEGAK NYA KEIMANAN SUAMINYA.

Seri : ILHAM DAN RENUNGAN UNTUK TINDAK LANJUT AMAL KEBAIKAN

ISTRI JUGA BERKEWAJIBAN MENDUKUNG TEGAK NYA KEIMANAN SUAMINYA.

(prepared by Mas Iman)


(ta’awud , basmallah)


Assalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuuh ,


BANYAK MUSLIMAH YANG BELUM BERKELUARGA BERKEINGINAN MEMILIKI SEORANG SUAMI YANG PAHAM AGAMA DAN AMAL NYA , BERHARAP SELALU INIGIN DIBIMBING OLEH SUAMINYA DALAM MASALAH AGAMA , AKIDAHNYA , AKHLAQ NYA DAN KEHIDUPANNYA . BLA . . BLA . .BLA . . INI SYAH - SYAH SAJA DAN BAIK ADA-NYA , INSYA'ALLAH DI JODOHKAN OLEH ALLAH SWT. SEORANG SUAMI SESUAI YANG DIINGINKAN , AMIIN , NAMUN DEMIKIAN , JANGAN LAH IA LUPA BAHWA :

I. AN NUUR AYAT 26 MENYATAKAN BAHWA WANITA – WANITA YANG BAIK BAGI LELAKI- LELAKI YANG BAIK DAN SEBALIK NYA LELAKI- LELAKI YANG BAIK BAGI WANITA – WANITA YANG BAIK.



ٱلۡخَبِيثَـٰتُ لِلۡخَبِيثِينَ وَٱلۡخَبِيثُونَ لِلۡخَبِيثَـٰتِ‌ۖ وَٱلطَّيِّبَـٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَـٰتِ‌ۚ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ‌ۖ لَهُم مَّغۡفِرَةٌ۬ وَرِزۡقٌ۬ ڪَرِيمٌ۬ (٢٦)


Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji [pula], dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik [pula]. Mereka [yang dituduh] itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka [yang menuduh itu]. Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia [surga] [3]. (26)



II. ISTRI JUGA BERKEWAJIBAN MENDUKUNG TEGAK NYA KEIMANAN SUAMINYA.


a. Dari Abu Hurairah Ra berkata , Rasulullah bersabda , “ Semoga Allah swt. Merahmati seorang suami yang bangun malam mengerjakan shalat , dan membangunkan istrinya. Apabila sang istri enggan , ia percikkan air ke wajah - nya. Dan semoga Allah swt. Merahmati seorang istri yang bangun malam , mengerjakan shalat dan membangunkan suaminya. Apabila sang suami enggan , ia percikkan air di wajahnya. “ ( HR. Abu Daud , Ibnu Majah , dan Ibnu hibban )


b.Dari Tsauban Ra berkata, sebagian para sahabat berkata : “ Seandainya kita tahu akan sebuah harta yang terbaik tentu kita berusaha mendapatkannya “ , Rasulullah Saw berkata , “ Harta yang utama adalah lisan yang senantiasa berzikir , hati yang senantiasa bersyukur , dan istri beriman yang membantu suami dalam menegakkan bangunan iman-nya. ” ( HR.Ibnu Majak , Tirmidzi )


c. وَٱلۡمُؤۡمِنُونَ وَٱلۡمُؤۡمِنَـٰتُ بَعۡضُهُمۡ أَوۡلِيَآءُ بَعۡضٍ۬‌ۚ يَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤۡتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَيُطِيعُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُ ۥۤ‌ۚ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ سَيَرۡحَمُهُمُ ٱللَّهُ‌ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ۬ (٧١) وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَـٰتِ جَنَّـٰتٍ۬ تَجۡرِى مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَـٰرُ خَـٰلِدِينَ فِيہَا وَمَسَـٰكِنَ طَيِّبَةً۬ فِى جَنَّـٰتِ عَدۡنٍ۬‌ۚ وَرِضۡوَٲنٌ۬ مِّنَ ٱللَّهِ أَڪۡبَرُ‌ۚ ذَٲلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ (٧٢)



“ Orang – orang mukmin laki-laki dan perempuan , sebahagian mereka menjadi penolong bagi sebahagian yang lain . Mereka menyuruh ( mengerjakan) yang ma’ruh mencegah dari yang mungkar , mendirikan shalat , menunaikan zakat dan mereka taat kepada Allah dan rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Allah telah menjanjikan kepada orang – orang mukmin laki – laki dan perempuan akan ( mendapat ) surga – surga yang mengalir sungai – sungai dibawahnya , mereka kekal didalamnya dan ( mendapat ) tempat – tempat yang baik di surga ‘Adn. Dan keridhaan daripada Allah adalah lebih besar ; demikian itulah keberuntungan yang besar. ” ( At Taubah , 9 : 71 – 72 )

0 komentar:

Posting Komentar