Jumat, 14 Agustus 2015

Tips Mewarnai Hari dengan Kebahagiaan

 
Pin It
Kejarlah dan isilah waktu untuk Anda nikmati.
Anda pasti berpikir kalau kebahagiaan itu agak sulit untuk diraih pada masa-masa seperti sekarang ini. Terlalu banyak persoalan, di luar dan dalam diri kita yang meyakinkan kita bahwa bahagia itu jauh dari jangkauan.

Sesungguhnya, kebahagiaan adalah tanggung jawab pribadi. Anda sendirilah yang dapat menentukan apakah Anda bahagia atau tidak.

Kedengarannya sedikit keras bukan? Ya, inilah rahasianya, kebahagiaan ada dalam kendali Anda. Jika Anda menggantungkan kebahagiaan pada faktor-faktor di luar diri Anda (misalnya, orang lain), berarti Anda tidak duduk di “kursi sutradara” kehidupan Anda sendiri.
Anda pasti tidak menginginkannya, jadi ikutilah enam cara berikut ini untuk menghadirkan kegembiraan Anda akan hidup ini:
1. Isilah hari-hari dengan hal-hal yang Anda sukai 
Terkadang kebahagiaan itu ada dalam hal-hal detail. Jadi, pastikan agar hal-hal detail dari kehidupan sehari-hari Anda benar-benar berlangsung.
Mungkin itu adalah secangkir kopi atau teh, menikmati sinar matahari pagi, sarapan sehat dan lezat di meja makan, senam ringan sebelum ke kantor.
Tempel atau gantunglah tulisan atau gambar yang menginspirasi Anda di tempat yang mudah dilihat.

2. Tuliskanlah semua prestasi Anda 
Latihlah pikiran untuk menemukan hal-hal positif dari diri Anda dengan cara menulis semua prestasi atau pencapaian Anda.
Prestasi secara fisik, personal, target-target yang berhasil dicapai, tempat-tempat yang telah Anda kunjungi.
Terlalu sering kita menghabiskan waktu memikirkan apa yang belum beres daripada fokus pada apa yang sudah berjalan dengan benar.
Anda pasti akan terheran-heran betapa banyak yang telah Anda capai dalam hidup ini. Dan membaca semua prestasi itu akan membuat Anda merasa seperti mendapat hadiah jutaan rupiah.
3. Ambil keputusan untuk menjadikan diri Anda prioritas 
Anda seharusnya tidak memikirkan diri sendiri hanya ketika berulang tahun. Tunjukkanlah cinta bagi diri sendiri dengan menjadikan kesejahteraan Anda sebagai prioritas.
Isilah iPhone dengan musik favorit Anda. Hubungi seorang sahabat. Tidur siang. Pergilah ke salon atau spa. Bacalah buku sebelum tidur. Berjalan-jalanlah. Pergi ke toko buku, atau sekedar mampir selama 30 menit di kedai kopi.
Jadikan ini suatu kebiasaan. Jika belum terbiasa, lakukan langkah berikut:
Buatlah catatan, tulislah pada bagian atas: Cara Membuat Diri Saya Sebagai Prioritas, lalu daftarkan semua hal atau aktifitas yang Anda sukai. Utamakan aktifitas yang sifatnya membuat Anda disegarkan kembali.
Intinya, kejarlah waktu untuk dinikmati oleh diri Anda sendiri.

4. Ciptakan visual hal-hal mengagumkan dari diri Anda 
Mungkin itu adalah betapa sehat dan rupawannya Anda dan pasangan Anda saat berlibur tahun lalu. Buatlah kolase dari foto-foto Anda dan pajanglah di rumah atau meja kerja Anda.
Atau foto-foto snapshot yang memperlihatkan diri Anda sangat menarik. Tubuh kita adalah anugerah yang sangat mengagumkan. Rayakanlah itu dengan memamerkannya secara visual.
5. Lakukan sesuatu yang baru 
Tidak ingin terjebak dalam rutinitas? Anda dapat mendapatkan energi baru dengan mencoba sesuatu hal yang belum pernah Anda lakukan.
Pengalaman baru akan mengingatkan diri kita bahwa kita hidup dan bahwa hidup in penuh dengan kejutan yang menyenangkan.
6. Jadikan hari Anda untuk mencetak kemenangan 
Ketimbang terjebak dalam penunda-nundaan atau panjangnya daftar tugas yang harus dikerjakan, tentukan satu hal yang akan membuat Anda sangat bahagia apabila dapat dirampungkan hari itu.
Jadikan itu prioritas dan berjuanglah untuk menyelesaikannya. Anda akan merasa sangat bahagia dengan hari itu.
Terlalu sering kita menyimpan hal-hal yang paling penting untuk dikerjakan di penghujung hari, karena tersita menyelesaikan hal-hal kecil dan remeh-temeh.
Sekarang, lakukan kebalikannya. Kejarlah kemenangan besar Anda, karena itu akan membuat Anda gembira dan puas. 

0 komentar:

Posting Komentar