Sabtu, 07 Mei 2016

Semangat “Daun Kering” ( Belajar Tak Kenal Umur )

Belajar memegang peranan yang penting dalam hidup seseorang. Tentu anda sudah familiar dengan peribahasa ” Hanya keledai dungu yang jatuh pada lubang yang sama”.Jika
dicermati sebenarnya peribahasa ini hendak menyampaikan betapa pentingnya belajar. Mengapa keledai dungu dapat jatuh pada lubang yang sama? Jawabannya adalah karena dia tidak belajar terutama pada pengalaman yang telah menimpanya. Memang tidak layak menyamakan manusia yang merupakan khalifah dimuka bumi ini dengan keledai, ciptaan Allah SWT yang tak dianugerahi akal. Tapi apa yang terjadi pada keledai dungu ini dapat juga terjadi pada manusia. Seringkali kita menyaksikan masih banyak orang yang terjebak oleh masalah yang berulang-ulang dialaminya, bukankah itu artinya ia selalu jatuh pada lubang yang sama. Namun hal ini tidak perlu anda khawatirkan jika anda selalu belajar. Intinya, belajar itu penting!!

  1. Update dirimu dengan belajar
    Kepercayaan diri bukanlah hal sepele yang boleh dipandang sebelah mata. Seseorang yang hidupnya percaya diri biasanya jauh dari sifat keragu-raguan dan yakin terhadap apa yang dilakukan. Kepercayaan diri ini pun sangat bermanfaat dalam kehidupan sosial. Jika anda berharap menjadi satu dari banyak orang yang percaya diri, maka belajarlah mulai saat ini. Dengan belajar, maka tentunya jendela ilmu dan pengetahuan kita akan semakin lebar. Khasanah keilmuan yang semakin bertambah akan berdampak pada kepercayaan diri. Bayangkan jika anda berjalan di tengah-tengah orang yang memperbincangkan topik saat ini yang tidak kita ketahui. Apa yang dapat kita lakukan? Lain halnya jika kita selalu belajar untuk selalu meng-update diri kita dan selalu tahu hal yang baru saat ini. Sederhananya anda bisa membandingkan kualitas anti-virus yang biasa di-update dengan yang tidak. Komputer akan kewalahan jika anda tidak meng-update anti-virusnya karena virus itu sendiri selalu di-update. Jadi, bagaimana tidak kita membiarkan dunia berjalan tanpa anda mengimbanginya dengan selalu meng-update diri anda .
  2. Cobalah mencari sesuatu yang baru
    Biasanya orang akan menyenangi sesuatu yang baru jika telah terlalu lama disibukan oleh rutinitas. Sama halnya dengan belajar. Mengetahui sesuatu yang baru akan membuat kita semakin tertantang untuk mencari tahu lagi lebih banyak. Kita akan semakin menyadari betapa luasnya ilmu yang Allah turunkan di muka bumi. Selama ini mungkin kita sering menyia-nyiakan banyak ilmu yang tersedia. Coba renungkan, apa telah kita tahu saat ini tentang dunia hewan, tumbuhan dan semua tentang alam semesta ini? Padahal mempelajari ilmu dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Cobalah cari inspirasi untuk tetap mempelajari sesuatu yang baru dari yang anda telah pelajari sebelumnya. “Makin sering, makin banyak tahu“. Anda pasti setuju dengan jargon tersebut bukan?
  3. Belajar akan menuntun kita menuju kualitas hidup yang lebih baik
    Hidup yang berkualitas tentu dapat dicapai dengan ilmu baik itu untuk urusan dunia atau akhirat. Anda tentu tahu bahwa salah satu cara mendapat ilmu adalah dengan belajar. Ini adalah urgensi ke sekian dari belajar. Ternyata benar-benar rugi seseorang yang pension dari belajar padahal untuk memperoleh kualitas hidup yang baik dapat ditempuh dengan belajar. 
  4. Belajar untuk masa depan
    Anda tentu sering mendengar bahwa hari ini adalah mimpi kemarin dan esok adalah mimpi hari ini. Kualitas kehidupan kita di masa mendatang sangat ditentukan oleh perencanaan saat ini. Perencanaan tersebut akhirnya akan sempurna melalui proses belajar. Tak selamanya apa yang kita lakukan saat ini akan secara instan dirasakan hasilnya karena kadang Allah menguji kesabaran kita. Tapi yakinlah bahwa belajar atau menuntut ilmu pasti akan meberikan manfaat, entah saat ini atau esok hari hari. Yakinlah seperti kita yakin datangnya siang dan malam.
  5. Setiap orang harus mencurahkan waktu untuk peningkatan diri dengan belajar
    Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang beruntung adalah yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, yang rugi adalah yang hari ini sama dari kemarin dan celaka jika hari ini lebih buruk dari kemarin. Sebagai seorang muslim sudah sepantasnyalah kita menyikapi hal ini dengan bijak. Tentunya kita tidak ingin tergolong orang-orang yang merugi apalagi yang celaka. Maka buatlah hari ini jadi lebih baik dengan selalu meningkatkan kualitas diri. Belajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas diri baik dari segi keilmuan maupun skill. Orang yang selalu belajar akan mengetahui banyak mengenai apa yang belum dipelajarinya sehingga tumbuh keinginan kuat untuk terus menambah pengetahuannya. Jangan biarkan otak anda berhenti dari aktivitas belajar jika tidak ingin kemampuannya menurun. Teruslah menempanya dengan terus menerus menggunakan dalam aktivitas belajar. Ibarat kata, otak kita ibarat pedang dan belajar adalah proses mengasahnya. Maka semakin sering diasah pedang tersebut, tentu akan semakin tajam.
  6. Belajar memiliki kekuatan untuk mengubah kita menjadi orang sukses
    Hampir semua orang sukses tentunya pernah mengalami kegagalan. Namun mereka tak menyerah dan terus berulang-ulang mencoba. Sedikit sekali kesuksesan yang dapat diperoleh secara instan. Salah satu langkah menggapai dan mencicipi kesuksesan adalah dengan belajar dari pengalaman dan belajar memperbaiki kekurangan yang ada. Tampak jelas bukan bahwa langkah ditempuh sebuah kesuksesan tiada lain adalah dengan belajar dan belajar. Artinya belajar memiliki kekuatan yang ampuh untuk menyajikan kesuksesan untuk kita nikmat. Jadi jika rasa lelah yang menghambat anda untuk belajar, maka cukup yakini saja bahwa suatu saat usaha ini akan berbuah kesuksesan untuk anda. Konteks kesuksesan ini tentunya tidak diartikan hanya dalam kekayaan saja. Kesuksesan ini berarti global seperti dalam bidang akademik, hubungan sosial, keyakinan dan kesuksesan-kesuksesan yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar