Rabu, 13 Maret 2013

2 Solusi Memperbaiki Pernikahan

Sebuah ungkapan klasik menyatakan bahwa tidak banyak pasangan yang melalui sebuah pernikahan dengan mulus tanpa ada hambatan. Dalam perjalanannya, pasti ditemui kerikil-kerikil persoalan, bahkan bisa jadi berupa ujian maha besar yang harus dilalui pasangan tersebut. Pada dasarnya, itu merupakan hal yang wajar karena setiap manusia memiliki karakter yang sangat berbeda satu sama lain. Perbedaan karakter itulah yang biasanya memicu munculnya persoalan dalam suatu hubungan. Pada hakikatnya, pernikahan merupakan salah satu fase yang membuat setiap pasangan dapat saling belajar memahami satu sama lain.
Jika Masalah-masalah yang menghampiri pasangan menikah tersebut dibiarkan, bukan mustahil pada akhirnya akan terjadi perceraian. Hal ini merupakan resiko terburuk yang akan dihadapi setiap pasangan jika mereka tidak bisa memperbaiki hubungan keduanya. Maka cara yang mudah untuk memperbaiki pernikahan ialah meningkatkan komunikasi dan menghindari perselisihan di antara keduanya.
Dengan meningkatkan komunikasi dalam berhubungan, pasangan tersebut dapat lebih saling memahami karakter masing-masing. Melalui diskusi-diskusi kecil yang dilakukan setiap hari, pernikahan akan menjadi ruangnya belajar mengenal segala hal. Melalui komunikasi pula, setiap persoalan akan mengalami cara masing-masing untuk terselesaikan.
Masalah tidak akan selesai dengan sikap diam dan hanya menunggu waktu. Jika pun masalah hilang begitu saja, sebenarnya persoalan hanya tertunda dan segera muncul di kemudian hari. Sedangkan dengan proses komunikasi, masalah akan berubah menjadi sebuah pembelajaran hidup, karena komunikasi dapat menjernihkan berbagai persoalan yang mendera setiap pasangan menikah.
Tentunya, peningkatan komunikasi harus dilakukan dengan cara berkomunikasi yang baik pula. Beberapa pasangan mengeluhkan pola komunikasi yang tidak seimbang. Tak banyak pasangan yang menyadari bahwa pangkal setiap persoalan sebenarnya ialah proses komunikasi yang buruk yang terjadi di antara mereka.
Selain itu, dengan selalu menghindari perselisihan dan saling menghargai, setiap pasangan dapat memperbaiki pernikahan mereka dengan baik. Menekan sifat egonsentris dan belajar saling mengerti karakter masing-masing merupakan solusi paling tepat untuk memperbaiki pernikahan.
Kedua cara tersebut merupakan solusi terbaik untuk memperbaiki setiap pernikahan.

0 komentar:

Posting Komentar